Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sony Bravia

TV Sony Bravia memiliki port yang cukup lengkap, termasuk port USB. Namun, ada kalanya TV Sony tidak bisa membaca USB, flashdisk atau perangkat USB lainnya. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi USB tidak terbaca di TV Sony Bravia:

1. Menyalakan Ulang TV


usb-tidak-terbaca-di-tv-sony-bravia

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan restart pada TV Anda. Kadang-kadang, masalah ini disebabkan oleh malfungsi sistem. Matikan TV, cabut kabel daya dari stopkontak, tunggu beberapa menit, lalu colokkan kembali dan nyalakan TV.

Setelah itu cobalah mencolokkan flashdisk atau perangkat USB lainnya pada port USB TV, jika sudah terbaca berarti Anda berhasil mengatasi masalah ini.

2. Bersihkan Port USB


Debu atau kotoran yang menumpuk di dalam port USB dapat menyebabkan perangkat USB tidak terkoneksi secara sempurna. Biasanya ditandai dengan USB yang kadang-kadang terbaca dan terputus sendiri.

Gunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol atau tinner untuk membersihkan port USB. Setelah bersih, coba hubungkan kembali USB Anda ke TV.

3. Format Ulang Flashdisk


Jika TV Sony Bravia masih tidak dapat membaca USB setelah portnya dibersihkan, Ada kemungkinan file dalam flashdisk Anda bermasalah sehingga menyebabkan TV Sony Bravia tidak bisa membaca flashdisk tersebut.

Gunakan komputer untuk melakukan format ulang pada flashdisk, lalu coba colokkan kembali ke port USB di TV. Jika masih tidak bisa, cobalah ubah terlebih dahulu format flashdisk menjadi FAT32/NTFS sebelum memformatnya.

4. Update Firmware TV Sony Bravia


Sony mungkin akan memberikan update terbaru untuk model TV yang masih belum lama dirilis. update firmware TV ini selain untuk menambah fitur, juga bisa mengatasi bug yang ada pada versi sebelumnya sehingga malfungsi seperti USB tidak terbaca kemungkinan bisa diatasi.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memeriksa dan melakukan update firmware pada TV Sony Bravia:
  • Pastikan TV sudah tersambung ke internet.
  • Tekan tombol "Home" pada remote kemudian pilih "Help".
  • Setelah itu pilih opsi "Customer Support > Software Update".
  • Pilih Update Software jika memang tersedia software versi terbaru.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Reset Ulang TV


Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan reset pabrik. Langkah ini akan menghapus semua data dan pengaturan, mengembalikan TV ke kondisi seperti baru. 

Dengan kata lain, setelah Anda melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik, maka Anda perlu mengatur ulang TV seperti pertama kali dihidupkan. Termasuk mengatur bahasa, mencari siaran TV dan lain sebaginya.
  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih 'Preferensi Perangkat'.
  • Kemudian 'Reset', dan tekan "OK" untuk memilihnya.

Jika masalah USB tidak terbaca di TV Sony Bravia belum teratasi setelah mengikuti semua metode diatas, maka ada kemungkinan masalah utamanya adalah karena adanya kerusakan pada bagian hardware.

Baik itu port USB yang longgar, jalur USB yang putus dan kendala hardware lainnya yang mengharuskan Anda membawanya ke tempat servis atau melakukan klaim garansi jika memang TV Sony Bravia Anda masih dalam masa garansi.

Kesimpulan


USB tidak terbaca di TV Sony Bravia memang terkadang bisa dengan mudah diatasi hanya dengan mencoba 5 langkah diatas. Akan tetapi pada kasus lain mungkin masalah ini sulit untuk diatasi. Oleh karena itu pastikan Anda mengikuti semua langkah diatas secara seksama. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.